Berkat-berkat dan Mujizat-mujizat

Memang benar bahwa kita melayani Allah pembuat mukjizat. Tapi persiapkanlah dirimu, karena apa yang saya akan katakan tentang itu akan datang sebagai suatu kejutan total bagi sebagian dari Anda. Pilihan yang lebih disukai Tuhan bukanlah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan Anda melalui suatu mujizat.

Sekarang sebelum Anda berpikir saya sudah kehilangan semua iman saya, dengarkanlah saya. Saya mendefinisikan suatu mukjizat sebagai penangguhan atau penggantian hukum-hukum alam, dan secara pribadi, saya telah menerima banyak mukjizat. Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa Tuhan melakukan mukjizat-mukjizat dan menggunakannya seperti suatu lonceng untuk menarik umat kepada diri-Nya.

receiveTapi saya tanyakan kepada Anda, apakah Anda lebih suka menerima suatu mujizat kesembuhan atau hidup dengan berkat kesehatan yang baik? Apakah Anda lebih suka Tuhan melakukan suatu keajaiban untuk menarik Anda keluar dari kebangkrutan atau Anda menjadi begitu diberkati secara finansial sehingga Dia tidak perlu melakukan itu? Saya pikir jawaban logis untuk kedua pertanyaan-pertanyaan itu jelas.

Selalu lebih baik untuk menghindari masalah, yang merupakan hasil dari hidup dalam berkat, daripada harus dilepaskan dari masalah yang membutuhkan sebuah keajaiban.

Ada tiga alasan penting untuk menerima dari Allah melalui berkat-berkat daripada melalui mukjizat-mukjizat. Pertama, berkat mencegah krisis, sementara mukjizat melepaskan dari krisis. Kedua, suatu berkat selalu merupakan pasokan yang lebih banyak daripada suatu keajaiban. Dan ketiga, mukjizat adalah suatu perbaikan sementara, sedangkan berkat adalah solusi permanen. Oleh karena itu, jika Anda hidup dari keajaiban ke keajaiban, mungkin berarti Anda hidup dari krisis ke krisis.

Maksud awal Allah bagi ciptaan-Nya adalah untuk berfungsi di bawah berkat-Nya bukannya di bawah sebuah keajaiban. Jika dosa tidak merusak ciptaan Allah, tidak akan ada kebutuhan untuk mukjizat. Semua orang akan menjadi sehat, semua orang akan menjadi makmur, dan perselisihan, yaitu penyebab hubungan-hubungan rusak dan peperangan, bahkan tidak akan ada.

Sayangnya, ada pengrusakan di muka bumi, dan akan selalu ada tempat untuk keajaiban. Namun, Yesus tidak hanya mengampuni dosa-dosa kita, Ia telah menebus kita dari kutuk dan memberkati para pengikut-Nya.

Galatia 3:13 mengatakan, “Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”

Jika kita mau percaya bahwa kita diberkati dan bertindak sesuai dengan itu, kita dapat menghindari banyak masalah yang membuat kita menjadi kandidat untuk mukjizat.

Mari saya ilustrasikan. Beberapa orang percaya berdoa untuk keajaiban keuangan tetapi tidak mempraktekkan prinsip memberi dan tidak mau bekerja. Mereka tahu Allah mengasihi mereka, jadi mereka mengandalkan dan percaya akan keajaiban. Dan hanya itulah yang akan mengambil tempat. Mereka tidak menaati Firman Allah dalam iman, sehingga mereka tidak dapat menerima berkat Allah yang telah diperkatakan ke atas mereka.

Tuhan mengatakan kepada kita untuk bekerja sehingga Ia akan memberkati pekerjaan tangan kita dan bahwa jika kita mau memberi, kita akan diberi.

Kita membaca dalam 2 Tesalonika 3:10, Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.”

Ulangan 28:12 berbunyi, TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman.”

Lukas 6:38 mengatakan, “Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.”

Jika kita tidak taat kepada-Nya dalam perintah-perintah ini, bisa jadi karena ketidaktahuan atau karena kita tidak sepenuhnya percaya akan janji-janji-Nya. Itu tidak berarti bahwa Tuhan membenci kita, tetapi itu berarti ketidakpercayaan kita menghentikan berkat yang Dia telah perkatakan untuk menjadi nyata dalam hidup kita.

Jadi, kurangnya iman dalam berkat Tuhan menyebabkan kita masuk ke dalam krisis, dan tepat sebelum bencana, jika kita terus teguh dalam keyakinan kita untuk suatu keajaiban, kita menerima hanya cukup untuk melewati saat-saat kritis kita itu. Lalu bulan depan kita memerlukan keajaiban lainnya. Saya mengetahui latihan ini dari pengalaman.

Salah satu kesalahan terbesar dalam hidup saya adalah mempercayai bahwa untuk menjadi seorang pendeta penuh waktu, saya harus berhenti dari suatu pekerjaan sekuler. Itu tidak berarti saya keberatan untuk bekerja; saya sudah menjadi seorang pekerja keras sepanjang hidup saya dan saya menikmatinya. Saya benar-benar berpikir saya harus membuat suatu pilihan, bahwa saya tidak bisa melakukan keduanya.

Butuh bertahun-tahun bagi Tuhan untuk menembus sifat keras kepala saya dan mengajari saya bahwa saya bisa bekerja untuk menambah penghasilan saya sampai pelayanan bertumbuh. Sementara itu, Jamie (istri saya) dan saya banyak menderita krisis keuangan, sesuatu yang tidak perlu.

Karena Tuhan mengasihi kami, Dia membuat kami hidup dengan banyak mukjizat. Saya ingat seminggu sebelum anak pertama kami lahir. Kami tidak punya uang untuk membayar biayanya. Ajaibnya, sebuah kelompok studi Alkitab yang berada hampir 100 mil jauhnya mengirimkan semua yang kami butuhkan untuk membayar kelahiran itu, tepat pada waktunya.

Pada hari kelahiran Joshua, saya kehabisan bensin dan berhenti di sebuah SPBU. Tanpa uang dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, saya mulai mengisi tangki saya percaya Tuhan akan melakukan mujizat. (Tolong jangan melakukan hal ini – saya tidak merekomendasikannya, ini hanya apa yang saya telah lakukan saja.)

Saya tidak mengetahuinya ketika saya masuk ke SPBU itu, tapi ketika saya sedang mengisi tangki saya, si pemilik keluar, dan ternyata dia adalah seorang teman Kristen. Dia bertanya bagaimana khabar saya. Saya bercerita tentang Joshua yang baru saja lahir, dan dia berkata, “Nah, biarkan saya traktir tangki ini penuh gas untuk merayakan kelahirannya.” Terima kasih, Yesus!

Pada kesempatan lain, kami pergi ke toko kelontong dengan $ 7 dan pulang dengan tiga karung kelontong besar berisi daging dan makanan lainnya. Suatu keajaiban lainnya. Suatu kali, mobil kami melaju selama seminggu tanpa gas. Bahkan atap retak karena kami tidak memiliki antibeku yang cukup, namun tidak bocor. Terus dan terus, saya bisa melanjutkan. Kami mengalami mukjizat sepanjang waktu.

Bertahun-tahun kemudian saya memikirkan tentang semua keajaiban itu, dan saya mulai sedikit prihatin. Sudah bertahun-tahun saya melihat keajaiban-keajaiban seperti itu dalam keuangan kami. Saat saya merenungkan hal ini, Tuhan berbicara kepada saya dan berkata, Apakah kamu ingin kembali ke hidup dengan mukjizat-mukjizat, ataukah kamu lebih suka tinggal dalam berkat-berkat yang kamu sekarang nikmati?” Itu adalah pertanyaan yang tidak membutuhkan pemikiran. Saya lebih suka diberkati daripada dalam keadaan membutuhkan keajaiban. Sekarang ketika saya membutuhkan BBM, saya hanya masuk SPBU, mengisi dan membayarnya. Terima kasih, Yesus!

Karena mukjizat-mukjizat bersifat “tidak alamiah,” mereka tidak pernah bersifat permanen. Tuhan menciptakan hukum yang mengatur eksploitasi ciptaan-Nya. Kadang-kadang untuk sementara, Dia menggantikannya, tapi selalu mengembalikan situasi itu ke operasi alamiah hukum-hukum itu.

Sebagai contoh, jika kita menyalahgunakan tubuh kita, kita dapat menerima mujizat kesembuhan. Tetapi jika akar masalahnya tidak ditangani, penyakit atau kelemahan itu akan kembali, dan kita akan membutuhkan keajaiban lain.

Tapi ketika kita percaya Firman Tuhan dan mengikuti instruksi-instruksinya, Dia akan mengajarkan kita bagaimana untuk makan, olahraga, dan menikmati kesehatan emosional yang bekerja seperti obat (Ams. 17:22). Tuhan lebih suka membuat Anda sehat melalui berkat-Nya daripada menyembuhkan Anda dengan suatu keajaiban.

Dan, tidak seperti keajaiban, sekali suatu berkat diterima, tidak ada kekuatan di luar yang bisa menghentikannya:

Ketahuilah, aku mendapat perintah untuk memberkati, dan apabila Dia memberkati, maka aku tidak dapat membalikkannya.” (Bil. 23:20).

Satu-satunya hal yang dapat menghentikan berkat Tuhan dalam hidup kita adalah ketidakpercayaan kita. Betapa kuatnya kebenaran itu. Kutukan Bileam tidak bisa menghentikan berkat yang berada di atas bangsa Israel. Berkat yang diterima dalam iman akan selalu mengatasi kutukan.

Jadi apakah berkat Allah itu, dan bagaimana kita menerimanya? Untuk memulai, berkat Allah bukanlah benda-benda. Berkat Allah akan menghasilkan sesuatu, tetapi berkat bukanlah benda-benda.

Dove_Jesus_hand_openGalatia 3:14 mengatakan, “Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.”

Berkat Abraham telah sampai kepada kita melalui iman kepada Kristus, dan berkat itu bukanlah hal-hal yang Abraham miliki. Apakah Anda menginginkan hewan ternak Abraham yang telah mati selama empat ribu tahun? Apakah Anda ingin tenda dan pakaiannya? Saya rasa tidak. Apa yang Anda inginkan adalah perkenanan Allah yang diperkatakan ke atasnya, yang menghasilkan kelimpahan fisik dan rohaninya.

Itulah berkat Allah; itulah perkenanan ilahi yang diucapkan-Nya. Dan berkat itu, jika dicampur dengan iman, akan menghasilkan kelimpahan dalam roh, jiwa, dan tubuh.

Ada lebih banyak lagi untuk mempertentangkan berkat dengan mukjizat dari pada apa yang saya mampu hadirkan di sini. Saya menganggap hal ini menjadi salah satu dari kebenaran-kebenaran yang paling mendasar dan menguntungkan yang pernah Tuhan ajarkan kepada saya. Jika Anda dapat membuat penyesuaian dari suatu mentalitas keajaiban menjadi suatu mentalitas diberkati, Anda akan mulai makmur sebagaimana yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Kabar baiknya adalah, Anda sudah diberkati. Kabar buruknya adalah, sebagian besar tidak tahu kuasa dari berkat itu. Mereka lebih suka memiliki keajaiban.

Jika Anda menerima pengajaran ini di dalam hati Anda, Anda akan datang ke tempat di mana Anda akan berdoa, Tuhan, tolong saya untuk tidak pernah memerlukan lagi keajaiban dari-Mu. Saya ingin tinggal di dalam berkat.” Ketika datang kepada kebutuhan-kebutuhan pribadi, mukjizat seharusnya untuk orang-orang yang tidak memiliki pewahyuan mengenai berkat Tuhan. Jangan biarkan itu adalah Anda.

Catatan:

Tulisan ini adalah terjemahan artikel yang ditulis oleh Andrew Wommack di websitenya.

You can also read the original English article “Blessings and Miracles”.

Categories: Identitas, Iman, Karakter Tuhan, Kasih Karunia Pemberdayaan | Tag: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Leave a Reply / Tinggalkan tanggapan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Blog di WordPress.com.